Tuesday, July 1, 2014

Window of The World, Shenzhen

"Window of the World' terletak di Shenzhen, sebuah maha karya replika keajaiban dunia dengan skala 1:1, 1:5, atau 1:15 yang memiliki luas sebesar 48 hektar. Masing-masing 'landmark' dari banyak negara di buat dengan tangan-tangan terampil serta ke semuanya merupakan karya yang apik dan sangat spesifik. Dari desainnya sangat detail serta workmanship-nya yang sangat sesuai dengan bangunan-bangunan aslinya.


Sejak resmi dibangun dan berdiri menghiasi sebuah bagian wilayah disekitar Distrik Nanshan pada tahun 1994 silam, Window of the World telah berhasil mendapatkan tempat dihati para penduduk sekitar dan sekaligus menjelma menjadi salah satu pusata wisata rekreasi taman miniatur yang begitu populer serta terkenal disepanjang wilayah kota Shenzhen.

Dimana cukup dengan hanya berkeliling didalam kawasan wisata tersebut, para pengunjung akan disuguhkan serta dimanjakan oleh pesona atau keindahan dari sederetan replika berbagai objek keajaiban dunia, warisan sejarah, hingga beberapa situs pemandangan menakjubkan dari berbagai belahan dunia.

Berdiri dengan memanfaatkan sebuah bidang area dengan luas keseluruhan yang dikabarkan mencapai lebih kurang sekitar 480.000 kilometer persegi, Window of the World hadir sebagai salah satu kawasan wisata yang sejatinya telah dilengkapi oleh ratusan koleksi replika atau miniatur dari berbagai landmark serta atraksi pertunjukan hiburan terkenal dari seluruh penjuru dunia.
\
Sederetan koleksi tersebut, juga dibagi menjadi beberapa lokasi atau zona-zona wisata yang berbeda. Mulai dari beberapa zona benua seperti Amerika, Asia, Eropa, dan Afrika, hingga beberapa zona menarik lainnya seperti Taman Patung, World Oceania, World Square, serta sebuah zona bernama International Street.


Berada disepanjang zona benua, para pengunjung akan disuguhkan oleh pesona dari lebih kurang sekitar 130 jenis koleksi replika atau miniatur berbagai jenis bangunan serta landmark terkenal. Salah satunya, yakni miniatur Menara Eiffel dari Paris.

Menara unik dengan ketinggian yang dikabarkan mencapai lebih kurang sekitar 108 meter tersebut, menjadi salah satu objek mengesankan disepanjang kawasan wisata Window of the World. Selain terlihat begitu menawan, telah disediakan pula sebuah area pada puncak menara sebagai titik bagi para pengunjung untuk dapat menikmati serta mengagumi seluruh keindahan disepanjang wilayah taman miniatur.

Terdapat pula sebuah replika atau miniatur dari salah satu gunung berapi paling terkenal dipulau Hawaii yang dirancang secara khusus agar dapat menyemburkan air dengan ketinggian lebih kurang sekitar 100 meter.

Seperti miniatur salah satu air terjun terkenal benama Niagara dengan ketinggian lebih kurang sekitar 10 meter dan lebar sekitar 80 meter, Istana Buckingham, Istana St Petersburg, Istana Versailles, Menara Pisa, Katedral Notre Dame, Acropolis, Taj Mahal, Sydney Opera House, dan masih banyak lagi. Semua replika tersebut akan memberikan sebuah pengalaman berkesan bagi siapa saja.
 International Street, sejatinya juga menjadi salah satu zona yang menawarkan banyak sekali hal-hal atau kegiatan menarik lainnya. Berada disepanjang kawan tersebut, pengunjung akan menyaksikan sederetan pusat-pusat pameran, restoran-restoran yang menjajakan berbagai jenis hidangan kuliner dari berbagai Negara seperti Perancis, Italia, Austria, dan Jepang, hingga sederetan area coffee house.

Selain itu, para pengunjung juga akan disuguhkan oleh berbagai jenis pusat-pusat perbelanjaan yang secara khusus juga menjajakan beraneka jenis souvenir atau kerajinan tangan khas dari berbagai Negara. Sementara bila pengunjung berkeliling disepanjang wilayah zona Taman Patung, akan terdapat sekitar 50 jenis koleksi replika patung-patung terkenal dari berbagai dunia.
Salah satu daya tarik lainnya yang dapat kita temukan disepanjang kawasan taman Window of the World adalah beberapa acara panggung hiburan berupa pertujukan tari-tarian dan musik yang dikabarkan telah diselenggarakan secara rutin setiap malamnya.
Berbagai kalangan pengunjung akan tampak berbaur dan ikut menikmati keceriaan dari sederetan acara yang juga dihadiri oleh artis-artis terkenal tersebut. Selain itu, beberapa kegiatan perayaan atau festival kebudayaan juga akan diselenggarakan pada waktu serta musim-musim tertentu.
Diantara berbagai jenis perayaan atau festival kebudayaan tersebut adalah Festival Musim Semi, Cherry Festival, Pekan Kebudayaan India, Beer Festival International, Pop Music Festival, Festival Musim Panas, hingga sederetan festival menarik khas dari berbagai Negara lainnya.
Untuk pencapaian ke Window of The World, pengunjung dapat menaiki:
·         Subway
Metro Line 1 dan turun di Stasiun Shijiezhichuang (Window of The World)
·         Angkutan umum
Dari stasiun kereta, naik Sightseeing bus 1, bisa juga bus no.101
Dari airport, naik bus 327
Dari sisi kota, naik bus 21, 26, 105, 113, 201, 204, 209, 210, 222, 223, 230, 232, 233, 234, 301, 311 ke Stasiun Shijiezhichuang (Window of the World) atau Baishizhou, berjalan sekitar 300 m langsung sampai di sana.
·         Taxi
Jika naik dari stasiun kereta, perkiraan tarifnya sebesar 50 RMB

Jika naik dari airport, perkiraan tarifnya sebesar 70 RMB

No comments:

Post a Comment